4 Tujuan Al-Quran

tujuan diturunkannya Al-Quran


1

Pembimbing bagi manusia

Salah satu yang membuat kita bangga dan senang sebagai seorang muslim adalah adanya AlQuran sebagai sumber untuk memahami dan menjalankan nilai-nilai islam dalam kehidupan ini. Untuk membuktikan dan mewujudkan komitmen kita terhadap AlQuran, amat diperlukan bagi kita memahami tujuan ditunrunkannya agar kita tidak menyalahgunakan AlQuran itu sendiri.

Sekurang-kurangnya, ada empat tujuan diturunkannya AlQuran yang perlu kita pahami, yaitu sebagi berikut.

AlQuran merupakan kitab yang diturunkan dengan tujuan untuk memberikan petunjuk atau bimbingan kepada manusia dalam kehidupannya sehingga mereka tidak sesat atau menyimpang dari ketentuan hidup yang benar. Allah swt. Berfirman,

“Sesungguhnya AlQuran ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.” (QS. Al-Israa’: 9)

Submitted by
sutsen
0
2

Membentuk pribadi manusia yang sempurna

AlQuran merupakan kitab suci yang sempurna antara yang dikemukakan dengan kandungan maknanya. Oleh karena itu, apabila manusia menjadikan AlQuran sebagai pedoman hidupnya, maka dia akan menjadi manusia dengan kepribadian yang sempurna,

“Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qashshash : 77)

Submitted by
sutsen
0
3

Membentuk masyarakat islam

AlQuran diturunkan sebagai pedoman membentuk masyarakat yang islami, sehingga dapat membawa manusia pada kebaikan di dunia dan akhirat dan tidak terjadi penyesalan karena pergaulan dengan sesama manusia. Allah swt. Berfirman,

“Wahai, celaka aku! Sekiranya (dulu) aku tidak menjadikan si fulan itu teman akrab (ku).” (QS. Al-Furqaan : 28)

Submitted by
sutsen
0
4

Menyatukan langkah umat dalam berjuang

Islam merukan agama yang harus ditegakkan nila-nilai dan aturan-aturannya. Untuk itu, Islam harus diperjuangkan penegakkannya dengan semangat jihad yang besar. Allah berfirman,

“Maka janganlah engkau taati orang-orang kafir, dan berjuanglah terhadap mereka dengannya (AlQuran) dengan (semangat) perjuangan yang besar.” (QS. Al-Furqaan : 52)

Meskipun demikian, satu hal yang mesti kita ingat bahwa perjuangan itu harus dengan banyak orang yang bisa bekerjasama hingga terjadi penyatuan langkah. Ini akan membuat Allah swt mencintanya:

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kukuh.” (QS. Ash-Shaff : 4)

Submitted by
sutsen
0

sutsen
Sutisna.com merupakan website yang bertujuan untuk berbagi artikel, tips, tutorial dan informasi lainnya dengan sistem media sosial.

Comments 0

4 Tujuan Al-Quran

Note: Your password will be generated automatically and sent to your email address.

Forgot Your Password?

Enter your email address and we'll send you a link you can use to pick a new password.

Login

Berbagi dalam komunitas!

Atur Ulang Password

Back to
Login

Choose post type

News Image List Poll Quiz Video Audio Gallery Playlist
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF